Kamis, 30 Desember 2010

Persiapan Memulai Usaha

Lokasi Usaha

Lokasi yang ideal adalah yang hampir mirip dengan kondisi tempat hidup jamur di alam. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi yang ideal:
1. Suhu udara. Berdasarkan kemampuan menyesuaikan pada suhu, jamur terbagi dalam tiga golongan, yaitu psikofilik, mesofilik, dan termofilik.
Golongan psikofilik 0o-30oC
Golongan mesofilik 25o-37oC
Golongan termofilik 40o-75oC
2. Kelembaban udara. Tubuh jamur mengandung banyak air sekitar 80%, oleh karenanya kita harus menjaga kelembaban udara didalam ruangan agar tercapai pertumbuhan yang optimum misalnya dengan menyemprot air ke dasar lantai pasir atau kedinding kumbung.
3. Senyawa beracun. Hindari kontaminasi logam berat terutama raksa, timbal, tembaga, perak, seng, dan litium karena berpotensi menghambat hormon pertumbuhan.
4. Radiasi. Gelombang pendek seperti sinar UV, IR, dan Gamma mempunyai daya rusak tinggi. Oleh karenanya hindari kontak langsung dengan cahaya matahari. Cahaya maksimal yang dianjurkan ialah setara 500-2000lux atau lampu sunlight 60W.
5. Tumbuhan peneduh. Hal ini tidak harus menjadi syarat untuk menentukan lokasi apabila kita bisa memanipulasi kumbung kita, seperti menjaga kelembaban. Trik yang kita gunakan dalam hal menjaga kelembaban yakni menutup dinding kumbung dengan karung goni, setelah itu pasangkan pipa air kecil (diberi lubang sebesar paku setiap 10cm) diatas karung goni mengelilingi seluruh dinding. Saat udara panas atau kelembaban rendah, kita tinggal semprot karung goni dengan menghidupkan kran air. Cara ini terbukti ampuh!!

Tidak ada komentar: