Kamis, 30 Desember 2010

Membuat Bibit

Tahap ini sebenarnya tidak membutuhkan biaya besar, kitapun memulainya dengan modal Rp.300.000. Hampir semua alatnya kita bisa membuatnya dengan sederhana, kecuali alat-alat tertentu yang memang butuh tingkat sterilisasi yang baik. Dalam hal ini kita hanya memerlukan entkas sederhana (kita membuatnya dari triplex melamin) ukuran 1m x 0,5m x 1m dengan bagian depan tertutup kaca 0,5cm serta bagian atas diberi lampu UV. Alat ini harus steril dan harus memiliki mesin penghisap dibagian atasnya agar udara yang tidak berguna dapat keluar dengan cepat dan ruanganpun menjadi steril.

Sebelum membuat bibit perlu kita siapkan botol bekas whisky dan sambal ABC secukupnya, di Malang botol bekas whisky Rp.100/botol, botol sambal ABC Rp.100/kg. Selanjutnya kita bersihkan seluruh kotoran yang ada dalam botol, jangan sampai ada yang tertinggal. Sambil menunggu botol selesai dibersihkan, kita didihkan air untuk kemudian digunakan merendam/menggodog botol, kurang lebih 30menit kita angkat dan tiriskan, simpan ke dalam entkas/ruang tertutup dan steril.

Langkah selanjutnya yakni mempersiapkan alat-alat yang harus ada didalam entkas, yakni: berbagai ukuran pinset, pipet, jarum suntik, skalpel, api bunsen+spiritus, kaca kecil alas memotong, kapas pembalut, alkohol 70% dan 95%, aquades, cairan chlorin (bayclin), karet gelang, potongan kertas koran, gelas ukur, botol bekas whisky, botol bekas sambal ABC. Hidupkan lampu UV beserta mesin penghisapnya…pembibitan siap!!

Tidak ada komentar: