Kamis, 30 Desember 2010

Inokulasi F0

1. Tahap awal sebelum inokulasi bibit, kita perlu mencari indukan jamur yang berkualitas, cuci bersih dengan campuran chlorin 5% dan aquades, selanjutnya ke dalam alkohol 70%. Perlu diketahui bahwa bakteri akan mati bila dilarutkan ke dalam alkohol 70% bukan 95%.
2. Iris jamur pada batangnya secara vertikal dan ambil bagian dalamnya menggunakan pinset.
3. Bagian jamur/eksplan tadi kita masukkan ke dalam media PDA yang sudah kita buat. Perhatian!!! Semua kegiatan harus dilakukan di dalam entkas dan inokulasi dilakukan diatas api bunsen, sebelum memasuki entkas tangan harus steril dengan menyemprotkan alkohol 70%.
4. Tutup botol dengan menggunakan kapas dan aluminium foil, ikat, serta simpan dalam inkubator (ruangan gelap dengan suhu kamar).

Pembibitan dikatakan berhasil bila miselium tumbuh secara merata keseluruh permukaan media tanpa ada noda selain warna putih seperti kapas. Masa inkubasi ini membutuhkan waktu sekitar 10-15 hari. Jika terlihat bintik hitam/kuning/hijau/coklat sedikit saja, dapat dikatakan bahwa percobaan kita gagal!!!
Namun jangan khawatir, karena dari 20 botol yang kita tanami eksplan, jika berhasil secara sempurna 1 botol saja, maka kita akan pensiun, betapa tidak??karena kita sudah bisa membuat 30.000 lebih baglog…Subhanallah Maha Besar Allah…

Tidak ada komentar: